Saturday, January 28, 2017

Contoh Pidato Tanggung jawab pemuda masa kini



Yang terhormat saudara pembawa acara.
Yang terhormat para pembicara.
Dan saudara-saudara sekalian.
Assalamu’alaikum Wr.Wb.

بسم الله الرحمن ارحيم
الحمد لله رب العالمين والعاقبة للمتقين ،فلاعدوان إلاعلى الظالمين والصلاةوالسلام على أشرف الأنبياءوالمرسلين وعلى اله وصحبه ومن تبعهم إلى يوم الدين اما بعد

Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan sekalian alam. Dan akibat (akhirat) adalah untuk mereka yang bertaqwa (kepada-Nya). Tidak ada permusuhan kecuali terhadap orang-orang yang dhalim.
Sholawat dan salam semoga tetap atas nabi dan rasul yang paling mulia, atas keluarga beliau,dan seluruh sahabat beliau serta orang-orang yang mengikuti mereka dalam kebaikan hingga hari pembalasan. 

Dan saya mengajak saudara-saudara untuk memanjatkan puji syukur kepada Allah,karena berkat nikmat dan karunia-Nya,kita dapat menyelenggarakan kegiatan mingguan kita sebagaimana biasa.
Disamping itu, saya tidak lupa untuk berterima kasih kepada saudara protocol yang telah memberikan kepada saya kesempatan untuk menyampaikan pidato dihadapan saudara-saudara sekalian pada malam (siang) ini saya hendak berpidato dengan judul :
TANGGUNG JAWAB PEMUDA 

Saudara- Saudara kaum muslimin yang terhormat !
Apabila kita berbicara tentang qoum muda ,kita sering dapati dalam banyak artikel (tulisan) dan kita sendiri bahkan menyaksikan peran partisipasi pemuda dalam membangun, menyumbang, dan mendukung perkembangan bangsa. Mereka adalah harapan bangsa yang akan berjuang demi masa depan Negara yang lebih cerah .Demikian juga, mereka dalam waktu yang sama merupakan harapan Islam, yang akan berjuang demi ajaran Islam di hari esok, yang akan mempertahankan undang-undang Isalam, yang akan melindungi generasi muda Islam secara luas dari pengaruh gaya hidup barat yang merusak, yang akan menjadi seorang pemimpin pada masa selanjutnya. Hal ini diteriakkan seperti: SEKARANG PEMUDA, BESOK AKAN MENJADI PEMIMPIN.
Pernyataan ini mendorong kita untuk memperhatikan eksistensi pemuda di masa depan. Dengan mengetahui semua fakta, kita sadar betapa penting peran pemuda untuk masa depan. Pemuda dianggap melambangkan semangat yang tidak pernah redup…..pemuda dianggap dilambangkan keberanian yang tidak pernah luntur….pemuda dianggap melambangkan kekuatan yang tidak mudah hancur.karena alasan ini presiden pertama, soekarno ,suatu ketika pernah berkata: BERIKAN PADA KU SEPULUH PEMUDA AKAN KU GONCANGKAN DUNIA. Dari pernyataan ini kita dapat menyimpulkan bahwa soekarno lebih menghargai pemuda ketimbang orang tua. Mengapa ? karena meraka memainkan peranan yang jitu dan mempunyai potensi serta energi besar yang dapat dibanggakan. 

Generasi muslim sekalian yang terhormat !
Karena itulah, agama kita menganjurkan agar kita menjadi pemimpin islam yang fleksible bagi masyarakat yang pada akhirnya harus mempersembahkan sumbangan bagi perkembangan masyarakat Islam secara luas. Ironisnya, di era yang canggih ini kita menyaksikan perbuatan kaum muda selalu bertentangan dengan hukum-hukum Islam. Kita memperhatikan banyak kaum muda tidak sadar akan pendidikan dan lebih sedih lagi jika kita perhatikan saudara-saudara kita kaum muslim dinegara kita berperilaku buruk dan mereka dengan sengaja menghindari ajaran Islam dan mengikuti kebudayaan barat. Kita tidak dapat membayangkan dan menggambarkan apa yang akan terjadi di masa datang jika semua kaum muda tidak memperhatikan tanggung jawab ini. Kita harus sadar bahwa bertanggung jawab membangun bangsa dan menegakkan agama bergantung pada kita. Dengan beberapa pertimbangan itu harus kita begitu hati-hati terhadap kebudayaan barat yang merusak yang akan mewarnai ajaran islam. 


Saudara-saudara sekalian !
Terakhir namun tak kurang pentingnya, saya ingin mengajak saudara untuk menyiapkan generasi muda kita agar mampu mengganti generasi tua di masa depan. Dan saya mengharap kepada anda dan seluruh saudara-saudara kaum muslimin dimanapun mereka berada agar menjauhkan diri dari perbuatan yang jelek dan selanjutnya kita harus mengembangkan skill dan potensi kita untuk menggapai masa depan yang cerah.
Saya kira sudah saatnya bagi saya untuk mengakhiri pidato ini seraya mohon maaf yang tulus, akhirnya saya ucapkan …. 

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.