Friday, May 11, 2018

Keutamaan shalat dhuha

Allah SWT dalam beberapa ayat bersumpah dengan waktu dhuha. Dalam pembukaan surat Assyams, Allah berfirman,

''Demi matahari dan demi waktu dhuha.''

Bahkan, ada surat khusus di Alquran dengan nama Addhuha.Pada pembukaannya, Allah berfirman,

''Demi waktu dhuha.''

Imam Arrazi menerangkan bahwa Allah SWT setiap bersumpah dengan sesuatu, itu menunjukkan hal yang agung dan besar manfaatnya. Bila Allah bersumpah dengan waktu dhuha, berarti waktu dhuha adalah waktu yang sangat penting. Benar, waktu dhuha adalah waktu yang sangat penting. Di antara doa Rasulullah SAW:

Allahumma baarik ummatii fii bukuurihaa.

Artinya, ''Ya Allah berilah keberkahan kepada umatku di waktu pagi.''

Ini menunjukkan bahwa orang-orang yang aktif dan bangun di waktu pagi (waktu subuh dan dhuha) untuk beribadah kepada Allah dan mencari nafkah yang halal, ia akan mendapatkan keberkahan. Sebaliknya, mereka yang terlena dalam mimpi-mimpi dan tidak sempat shalat Subuh pada waktunya, ia tidak kebagian keberkahan itu.
Abu Dzar meriwayatkan sebuah hadis. Rasulullah SAW bersabda,''Bagi tiap-tiap ruas anggota tubuh kalian hendaklah dikeluarkan sedekah baginya setiap pagi. Satu kali membaca tasbih (subhanallah) adalah sedekah, satu kali membaca tahmid (alhamdulillah) adalah sedekah, satu kali membaca takbir (Allahu Akbar) adalah sedekah, menyuruh berbuat baik adalah sedekah, dan mencegah kemungkaran adalah sedekah. Dan, semua itu bisa diganti dengan dua rakaat shalat Dhuha.'' (HR Muslim).
Aisyah menceritakan bahwa Rasulullah SAW selalu melaksanakan shalat Dhuha empat rakaat. Dalam riwayat Ummu Hani',

''Kadang Rasulullah SAW melaksanakan shalat Dhuha sampai delapan rakaat.'' (HR Muslim).

Imam Attirmidzi dan Imam Atthabrani meriwayatkan sebuah hadis yang menjelaskan bahwa bila seseorang melaksanakan shalat Subuh berjamaah di masjid, lalu ia berdiam di tempat shalatnya sampai tiba waktu dhuha, kemudian ia melaksanakan shalat Dhuha, ia akan mendapatkan pahala seperti naik haji dan umrah diterima. Para ulama hadis merekomendasikan hadis ini kedudukannya hasan.

Jelaslah bahwa shalat Dhuha sangat penting bagi orang beriman. Penting bukan karena--seperti yang banyak dipersepsikan--shalat Dhuha ada hubungannya dengan mencari rezeki, melainkan ia penting karena sumpah Allah SWT dalam Alquran. Maka, sungguh bahagia orang-orang beriman yang memulai waktu paginya dengan shalat Subuh berjamaah di masjid, lalu dilanjutkan dengan shalat Dhuha.

Hadist berbicara mengenai keutamaan sholat Dhuha, di antaranya adalah sebagai berikut:

أَبِيْ ذَرٍّ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ : يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيْحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيْدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيْلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيْرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوْفِ صَدَقَةٌ وَنَهْيٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى .

“Diriwayatkan dari Abu Dzar a dari Nabi n bahwa Beliau bersabda, ‘Setiap ruas tubuh masing-masing dari kalian setiap harinya memiliki kewajiban untuk bersedekah. Setiap tasbih (memahasucikan Allah) adalah sedekah; setiap tahmid (memuji Allah) adalah sedekah; setiap tahlil (membaca lâ ilaha illallâh) adalah sedekah; setiap takbir (memahabesarkan Allah) adalah sedekah; memerintahkan kemakrufan adalah sedekah dan mencegah kemunkaran adalah sedekah. Namun itu semua dapat diganti dengan dua rakaat yang dikerjakan oleh seseorang dari waktu dhuha (mengerjakan sholat Dhuha)’.” (HR. Muslim)

Keutamaan sholat dhuha untuk kesehatan

Manfaat Sholat Dhuha tidak hanya bermanfaat hanya untuk spiritual saja, namun begitu juga dengan kesehatan. Kenapa sholat Dhuha bermanfaat untuk kesehatan? karena setiap gerakan sholat shuha tersebut akan bermanfaat untuk tubuh :

1. Olahraga tanpa disadari
Penjelasan tersebut sendiri doa Dhuha diperbuat saat pagi kurang lebih jam 08:00 sampai sholat dhuhur , & jam - jam pagi tersebut sangat baik untuk berolahraga, jadi sholat Dhuha sama dengan olahraga sebab nantinya bisa dipakai untuk menjaga tulang & otot karena telah bergerak bersama, mulai dari tangan, siku di lutut & kakinya. Fungsi gerakan sholat ini sangatlah bisa memberikan efek latihan tanpa menyadarinya.

2. Keutamaan Sholat Dhuha Untuk Memperlancar aliran darah
Sholat Dhuha, tapi juga memperlancar sirkulasi darah dalam badan manusia sebab seluruh gerakan sholat Dhuha sangat lengkap. Dengan melakukan gerakan ke kedua tangan, membungkuk saat gerakan busur, lalu juga gerakan penyisihan di mana kepala lebih kecil dari badan & darah juga mengalir ke kepala & kemudian, sirkulasi darah dinormalkan telah normal karena gerakan-gerakan tersebut.

3. Keutamaan Sholat Dhuha Untuk Menormalkan Hormon Produksi
Hal ini juga sangat berfungsi untuk menormalkan produksi hormon dalam tubuh. Jadi sholat Dhuha sangat berfungsi & manjur untuk menjaga kesehatan tubuh, baik untuk bagian tubuh, organ hingga beberapa cairan & juga hormon dalam tubuh.

4. Keutamaan Sholat Dhuha Untuk Penciptaan hidup lebih tenang
Selain berfungsi untuk menjaga kesehatan, sebab beberapa gerakan sholat dhuha sangat mempengaruhi kondisi tubuh, sholat Dhuha juga sangat berfungsi untuk meningkatkan semangat, yang lalu bakal menjadi lebih tenang hidup, pikiran lebih terbuka & mudah dalam memperoleh solusi.

5. Keutamaan Sholat Dhuha Untuk Menghilangkan Stress
Sholat Dhuha ataupun sholat lainnya bakal menolong umat Islam untuk bisa memperoleh ketenangan pikiran untuk menghindari stress. Stress tersebut sendiri ialah sesuatu yang sangat mengganggu & bisa memunculkan risiko beberapa penyakit. Wudhu awal sangatlah sanggup membuat pikiran & pikiran menjadi tenang, tapi saat dikombinasikan dengan sholat Dhuha dengan cara alamiah bakal jauh lebih tenang. Jadi, menurut kebanyakan orang, doa sholat Dhuha bakal memperoleh ketenangan & rezeki tanpa persoalan, jadi beberapa Muslim meperbuat / menjalankan sholat dhuha setiap hari.

6. Keutamaan Sholat Dhuha Untuk Membersihkan Wajah
Selain beberapa fungsi di atas, sholat Dhuha juga sangat berfungsi untuk menambah kecantikan. Contohnya wajah bakal dicuci dengan air wudhu jadi kulit bakal rutin tetap bersih dan memberikan keawetan wajah.

7. Keutamaan Sholat Dhuha Untuk Membuat Wajah Berseri
Juga, menjalankan sholat dhuha & doa 5 kali pasti keindahan wajah bakal bersinar dengan sendirinya jadi sesudah wudhu & doa biasanya wajah seseorang bakal tampak lebih bercahaya.

8. Keutamaan Sholat Dhuha Untuk Membuka Pintu Rezeki
Pada dasarnya doa sholat Dhuha sangat berfungsi untuk membuka pintu rezeki mereka, & selain itu, juga bakal menolong dalam mencapai keberhasilan. Tapi keberhasilan tidak bisa dicapai hanya dengan doa, tetapi juga dengan usaha. Oleh sebab itu, untuk menjadi lebih mudah mendapatkan rezeki, segala sesuatu haruslah dilakukan dengan usaha & ditopang oleh doa, satu menjalankan sholat dhuha beserta doa sholat dhuha yang sering terkabulkan. Jadi tersebut bagian dari apa yang butuh diketahui seluruh umat Islam mengenai fungsi sholat Dhuha.

Demikian informasi mengenai Keutamaan Shalat dhuha. Semoga dapat bermanfaat untuk anda dan segera melakukan sholat dhuha besok hari ya.
Artikel by :https://al-inaya.blogspot.co.id