Wednesday, April 11, 2018

PIDATO DUA HAL YANG DI BENCI MANUSIA


السلا م عليكم ورحمة الله وبراكة

الحمد لله رب العالمين , والعاقبة للمتقين , ولا عدوان إلا على الظالمين , والصلاة والسلام على خير خلقة محمد وأله أجمعين. أما بعد
Yang kami hormati para Alim Ulamak, Yang kami hormati para Ustad dan ustadhah,Yang kami hormati pejabat pemerintah terutama Bpk Bupati……… beserta ibu …….
Yang kami hormati kepala Desa ………Yang kami hormati seluruh jajaran pemerintah dari pusat dan daerah yang di rohmati Allah
Yang kami cintai para pembaca yang budiman, Yang kami hormati para pendengar yang budiman

Hadirin yang berbahagia.   
Pertama dan yang paling utama marilah kita haturkan puja dan puji kepada zat yang maha agung yang mana pada kesempatan yang berbahagia ini kita bisa bersua kembali, berjumpa kembali , BERMUJALASAH, BERTATAPMUKA, BERTEMU dalam acara Pengajian pada hari ini
Shalawat salam marikah kita sampaikan kepada baginda kita nabi tercinta nabi idaman sepanjang masa yaitu baginta Nabi Muhammada SAW dengan adanya beliau kita bisa mencicipi manisnya iman dan islam. Amin

Dalam tulisan yang sebelumnya kami telah menulis PIDATOTENTANG KEBEBASAN HIDUP ,selanjutnya kami topang dengan pidato tentang penyakithati dan pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan menguraikan sabda nabi Muhammad SAW “DUA HAL YANG DI BENCI MANUSIA”

HADIRIN YANG BERBAHAGIA
Kebahagiaan yang diharapkan terkadang tidak dapat kita rasakan, kenikmatan yang kita dambakan terhadang hangus berantakan, kesenangan yang kita inginkan terkadang kemelaratan yang kita rasakan, semua itu tergantung dari tuhan yang menciptakan.
Dengan hal itu manusia harus menyadari bahwa usaha manusia akan sia-sia tampa adanya ridho dari sang pencipta oleh karenanya marilah kita selalu mawasdiri menjadi insan yang islami yang mematuhi qoidah ilahi Robbi, Ada dua hal yang sangat di takuti oleh manusia
  1. Adalah kematian
  2. Sedikit harta
Banyak di antara manusia yang tidak menyukai kematian, seoalh-olah mereka ingin hidup selamanya. Padahal mati merupakan kepastian bagi setiap manusia, dan bagi seeorang muslim mati justru akan mengantarkannya kepada kehidupan yang lebih menyenangkan dari pada kesenangan di dunia. Hal ini akan membuat kehidupannya dijalani dengan sebaik-baiknya menurut ketentuan Allah SWT dan RasulNya dalam nuansa ketaqwaan kepada Allah SWT, sebagaimana firmanNya :

“Wahai orang-orang yang beriman! Bertaqwalah kepada Allah sebenar-benar taqwa kepadaNya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim.” (Q.S Ali Imran : 102).

Setiap orang ingin punya harta yang banyak dan mencukupi, namun harta yang banyak itu menuntut pertanggungjawaban yang besar. Dari mana atau dengan cara apa dia memperolehnya dan untuk apa dipergunakannya. Oleh karena itu, bila seseorang hanya memiliki sedikit harta, dia harus mensyukurinya agar terasa menjadi banyak. Allah SWT berfirman :

Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambvah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmatKu), maka pasti azabKu sanagat berat.: (Q.S Ibrahim : 7).

Hal ini juga telah di sabdakan oleh Nabi kita nabi Muhammad SAW sebagai berikut:
إثنان يكرههما ابن ادم : يكره الموت  والموت خير له من الفتنة  ويكره قلة المال , وقلة المال أقل للحساب, رواه أحمد عن محمود بن لبيد
ISTNANI YAKROHUMA IBNU ADAM : YAKROHUL MAUTU WALWAUTU KHOIRUN LAHU MINAL FITNATI, WA YAKROHU QILLATIL MAALI, WA QILLATUL MALI AQOLLUL HISAABI. ROWAHU AHMAD AN MAHMUD BIN LABID.

"Dua hal yang dibenci manusia , takut mati padahal mati lebih baik padanya dari pada fitnah, dan takut sedikit harta padahal sedikit harta adalah sedikit hisab"

HADIRIN YANG BERBAHAGIA
Sampai disinlah pertemuan kita kurang dan lebihnya mohon maaf
Wassalamu Alaikum Wr. Wb.