Friday, July 13, 2018

Hukum Memasuki Rumah Orang Lain Dalam Penjelasan Al-Qur'an

Rumah adalah tempat teduh yang sangat diidam-idamkan oleh banyak orang, apalagi rumah yang lengkap dengan peralatannya, tempat tidur yang mewah dan ruangan balai tamu yang indah dan mempesona, alangkah senangnya orang yang sudah berkelurga dan mempunyai rumah sendiri hidup tenang dan tentran seakan dunia milik kita berdua.


Rumah adalah syurga bagi manusia, apalagi dalam rumah di isi dengan keindahan ayat suci al-Quran, ayah dan ibu selalu mengaji dan melantunkan ayat suci al-Quran  alangkah indahnya rumah tangga yang harmunis dan selalu taat beribahdah kepada tuhan yang maha Esa,

 Di mana lagi kita merasa paling nyaman kalau bukan di rumah? Rumah yang dipenuhi kehangatan serta memiliki desain yang menawan adalah rumah idaman yang didambakan semua orang. Aktivitas di luar rumah serta hiruk pikuk kehidupan yang melelahkan membuat rumah idaman ini menjadi tempat paling nyaman untuk memulihkan lagi tenaga dan kembali bersemangat.

Baca: 6 ayat tentang kekuasaan Allah

Maka saking pentingnya rumah Islam mengatur sedemikian rupa tentang rumah bagaimana al-quran menjelaskan larangan memasuki rumah yang tidak ada penghuninya dalam hal ini Allah tegaskan dalam al-quran surat An-nur ayat 27 – 28.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تَدْخُلُوا بُيُوتًا غَيْرَ بُيُوتِكُمْ حَتَّى تَسْتَأْنِسُوا وَتُسَلِّمُوا عَلَى أَهْلِهَا ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ (٢٧)فَإِنْ لَمْ تَجِدُوا فِيهَا أَحَدًا فَلا تَدْخُلُوهَا حَتَّى يُؤْذَنَ لَكُمْ وَإِنْ قِيلَ لَكُمُ ارْجِعُوا فَارْجِعُوا هُوَ أَزْكَى لَكُمْ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ (٢٨)
27. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat.

28. jika kamu tidak menemui seorangpun didalamnya, Maka janganlah kamu masuk sebelum kamu mendapat izin. dan jika dikatakan kepadamu: "Kembali (saja)lah, Maka hendaklah kamu kembali. itu bersih bagimu dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Allah menjelaskan larangan memasuki rumah orang lain tampa ada izin dari pemilik rumah dan Alla memerintahkan untuk memanggil salam atasnya karena hal tersebut lebih baik dan lebih aman bagi kaum yang berfikir.

Di dalam rumah ada barang yang berharga dan barang yang tidak boleh diketahui oleh orang lain sehingga siapapun orang yang masuk dalam rumah tampa ada izin dari pemiliknya dikatakan orang yang melanggar dari hukum ajaran islam.

Baca :Memahami konsep rizeki dalam Islam

Bagaimana kalau sudah mengucapkan salam tiga kali tidak ada orang yang menjawab maka lebih baik meninggalkan rumah tersebut jangan sampai kita memasuki rumah orang lain tampa ada izin.
Sebagian ada orang yang bertanya. Bagaimana kalau rumah tersebut sudah lama tidak ada penghuninya atau kosong? Maka hal itu boleh anda memasuki rumah tersebut dengan syarat ADA BARANG YANG MAU DIAMBIL MILIK KAMU PRIBADI. Namun kalau tidak ada perlu dan tidak kepentingan tetap islam melarang memasuki rumah tersebut tanpa ada izin dari yang berhak Allah menjelaskan :

لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَدْخُلُوا بُيُوتًا غَيْرَ مَسْكُونَةٍ فِيهَا مَتَاعٌ لَكُمْ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تُبْدُونَ وَمَا تَكْتُمُونَ (٢٩)
29. tidak ada dosa atasmu memasuki rumah yang tidak disediakan untuk didiami, yang di dalamnya ada keperluanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu nyatakan dan apa yang kamu sembunyikan.(QS :An-nur: 29)  Terimakasih semoga bermanfaat (al-Inaya)