Friday, July 19, 2019

Macam Macam Metode Mengajar Lengkap

macam macam metode mengajar
pembahasan berikut akan membicarakan masalah macam macam metode mengajar secara global untuk memberikan tambahan wawasan umum. Di harapkan dengan uraian ini pembaca akan mendapatkan gambaran mengenai macam macam metode mengajar, dan selanjutnya untuk mendalaminya.

Metode mengajar sangatlah penting kita ketahui untuk memberikan dampak yang baik dan positif bagi siswa sehingga siswa dapat menyerap pembelajaran secara baik, adapun kumpulan metode yang akan kami uraikan sebagai berikut:
1. Metode Proyek.
Metode proyek atau unit adalah cara penyajian pelajaran yang bertitik tolak dari suatu masalah, kemudian dibahas dari berbagai segi yang berhubungan sehingga pemecahannya secara keseluruhan dan bermakna.
a.kelebihan metode ini antara lain.
1. dapat memperluas pemikiran siswa yang berguna dalam menghadapi masalah kehidupan.
2.Dapat membina siswa dengan kebiasaan menerapkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan sehari-hari secara terpadu.
3. Metode ini sesuai dengan prinsip-prinsip didaktik modern yang dalam pengajaran perlu diperhatikan kemampuan individual siswa dan kerjasama dalam kelompok,  bahan pelajaran tidak lepas dari kehidupan sehari-bhari yang penuh dengan masalah, pengembangan aktivitas,kreativitas dan pengalaman siswa banyak dilakukan.
b. kekurangan metode ini adalah
1. Kurikulum yang berlaku di indonesia saat ini baik secara vertikal atau horizontal belum mendukung metode ini, pemilihan topik unit bukanlah merupakan pekerjaan mudah, bahan pelajaran sering menjadi luas sehingga dapat mengabirkan pokok unit di bahas.
2. Metode Ekperimen
Metode ini adalah penyajian pelajaran, dimana siswa melakukan percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang di pelajari.
a.kelebihan metode ini adalah .
1. membuat siswa percaya atas kebenaran atau kesimpulan berdasarkan percobaannya,  2. dapat membina siswa untuk membuat trobosan-trobosan baru dengan penemuan dari hasil penemuannya dan bermanfaat bagi kehidupan manusia.
b.kekurangan metode ini , Metode ini lebih sesuai dengan bidang bidang sain dan teknologi, memerlukan beberapa fasilitas peralatan dan bahan yang tidak selalu mudah diperoleh dan mahal, menuntut keuletan, ketelitian dan ketabahan.
3. Metode tugas dan resitasi(penugasan)
adalah metode penyajian bahan dimana guru memberikan tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar.namun dalam metode ini ada fase yang harus dilalui yaitu Fase pemberian tugas, fase langkah pelaksanaan tugas
a. kelebihan metode ini
lebih merangsang siswa dlm melakukan aktivitas, Dapat mengembangkan kemandirian siswa di luar pengawasan guru, dapat membina tanggung jawab dan disiplin siswa, dapat mengembangkan kreatifitas siswa.
b. kekurangan metode ini,
siswa sulit dikontrol, khusus tugas kelompok, tidak mudah memberikan tugas yang susuai dengan perbedaan individu siswa, sering memberikan yg menoton dpt menimbulkan kebosanan siswa.
4. Metode Diskusi.
Metode diskusi adalah cara penyajian pelajaran dimana siswa siswa dihadapkan kepada suatu masalah yang bisa berupa pernyataan atau pertanyaan yang berdifat problematis untuk dibahas dan dipecahkan bersama.
a. kebaikan metode diskusi
dapat merangsang kreatifitas anak didik dlm bentuk ide, gagasan, prakars dan trobosan baru dlm pemecahan suatu masalah, dapat mengembangkan sikap menghargai pendapat orang lain, memperlias wawasan, dapat membina untuk terbiasa musyawarah untuk mufakat dlm memecahkan masalah.
b. kekurangan metode Diskusi
pembicaraan terkadang menyimpang, tidak dapat di gunakan pada kelompok yang besar, pesrta mendapat informasi yang terbatas, Mungkin di kuasai oleh orang-orang yang menonjol dan suka berbicara dan menonjolkan diri.
5. Metode Sosio Drama.
Metode sosio drama dan role playing dapat dikatakan sama artinya, dan dalam pemakaiannya sering disilihgantikan , Sosio drama pada dasarnya mendramatisasikan tingkahlaku dlm hubungannya dengan masalah sosial. Tujuan yang diharapkan dengan metode sosiodrama antara lain:
a. agar siswa dpt menghayati dan menghargaiperasaan lain, dapat belajar bagaimana membagi tanggung jawab, dpt bljr mengambil keputusan dlm situasi kelompok secara spontan, merangsang kls untuk berfikir dan memecahkan masalah.
Metode sosiodrama selain mempunyai beberapa kelebihan, juga mempunyai beberapa kelemahan, sebagai berikut:
a. Kelebihan sosiodrama.
siswa melatih dirinya untuk melatih,memahami, dan mengingat isi bahan yang akan didramakan. Siswa akan terlatih untuk berinisiatif dan berkreatif. Dapat memupuk bakat siswa sehingga akan tumbuh bibit seni drama dari sekolah. dapat menumbuhkan kerja sama, siswa juga membagi tanggung jawab antarsesamanya. bahasa lisan siswa dapat dibina menjadi bahasa yang baik agar mudah dipahami orang lain.
b. Kelemahan sosiodrama.
sebagian besar tidak ikut bermain drama, banyak memakan waktu, memerlukan waktu yang cukup luas, mengganggu kelas lain ketika ada suara keramaian.
6. Metode demontrasi
metode demontrasi adalah cara penyajian pelajaran dengan meragakan atau mempertunjukan kepada siswa suatu proses, situasi, atau benda tertentu yang sedang dipelajari, baik sebenarnya ataupun tiruan, yang sering dengan penjelasan lisan.
Metode demonstrasi baik digunakan untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang hal-hal yang berhubungan dengan proses mengatur sesuatu.
a. kelebihan Metode Demonstrasi.
dapat membuat pengajaran yang lebih jelas dan lebih konkret, siswa lebih mudah memahami apa yang dipelajari,  Proses pengajaran lebih menarik, siswa dirangsang untuk aktif mengamati, menyesuaikan antara teori dengan kenyataan dan mencoba melakukan sendiri.
b. kekurangan Metode Demonstrasi.
memerlukan keterampilan guru secara khusus , fasilitas seperti peralatan , tempat, dan biaya yang memadai tidak selalu tersedia dengan baik, demonstrasi memerlukan kesiapan dan perencanaan yang matang di samping memerlukan waktu yang cukup panjang.
7. Metode Problem Solving
Metode problem solving(metode pemecahan masalah)bukan hanya sekedar metode mengajar, tetapi jugak merupakan sesuatu metode berfikir,sebab dlm metode ini dpt menggunakan metode-metode lain yang dimulai dengan mencari data sampai kepada menarik kesimpulan. penggunaan metode ini dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
Adanya masalah yang jelas yang harus di pecahkan, masalah ini harus timbul dari siswa sesuai dengan taraf kemampuannya.
Mencari data atau keterangan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut. misalnya, dengan jalan membaca buku-buku, meneliti, bertanya, berdiskusi dan lain-lainnya.
menetapkan jawaban sementara dari masalah tersebut, terakhir menarik kesimpulan.
a. Kelebihan Metode problem solving.
Membuat pendidikan disekolah menjadi lebih relevan dengan kehidupan,
Proses belajar mengajar melalui pemecahan masalah dapat membiasakan para siswa menghadapi dan memecahkan masalah secara terampil.
Metode ini dapat merangsang pengembangan kemampuan berfikir siswa secara kreatif dan menyeluruh.
b. Kekurangan Metode problem solving.
Menentukan suatu masalah yang tingkat kesulitannya sesuai dengan tingkat berfikir siswa, tingkat sekolah dan kelasnya serta pengetahuan dan pengalamannya yang telah dimiliki siswa sangat memerlukan kemampuan dan keterampilan guru.
proses belajar mengajar dengan menggunakan metode ink sering memerlukan waktu yang cukup banyak dan sering terpaksa mengambil pelajaran waktu lain.
Mengubah kebiasaan siswa belajar dengan mendengarkan dan menerima informasi dari guru menjadi belajar dengan banyak berfikir memecahkan permasalahan sendiri atau kelompok, yang kadang-kadang memerlukan berbagai sumber belajar, merupakan kesulitan tersendiri bagi siswa.
8. Metode Karya Wisata.
adalah cara mengajar yang dilaksanakan dengan mengajar siswa kesuatu tempat atau objek tertentu di luar sekolah untuk mempelajari/ menyelidiki sesuatu seperti meninjau pabrik sepatu, bengkel mobil, toko serba ada, suatu peternakan atau perkebunan, musium, dan sebagainya.
metode karyawisata mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan sebagai berikut:
a. kelebihan metode karyawisata
karyawisata memiliki prinsip pengajaran modern yang memanfaatkan lingkungan nyata dalam pengajaran. membuat apa yang dipelajari di sekolah lebih relevan dengan kenyataan dan kebutuhan di masyarakat.pengajaran serupa ini dapat lebih merangsang kreativitas siswa. informasi sebagai bahan pelajaran lebih luas dan aktual.
b. kekurangan metode karyawisata
fasilitas yang diperlukan dan biaya yang di pergunakan sulit untuk dipergunakan sulit untuk disediakan oleh siswa atau sekolah. sangat memerlukan persiapan atau perencanaan yang matang . memerlukan koordinasi dengan guru serta bidang studi lain agar terjadi tumpang tindih waktu dan kegiatan selama karyawisata. dalam karyawisata sering unsur rekreasi menjadi unsur prioritas dari pada tujuan utama, sedang unsur studinya menjadi terabaikan. sulit mengatur siswa yang banyak dalam perjalanan dan mengarahkan mereka dalam kegiatan studi yang menjadi permasalahan.
9. Metode tanya jawab
metode tanya jawab adalah cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab, terutama dari guru kepada siswa, tetapi dapat pula dari siswa kepada guru.
metode tanya jawab memiliki kelebihan dan kekurangan:
a. kelebihan metode tanya jawab
pertanyaan dapat menarik dan memusatkan perhatian siswa, sekalipun ketika itu siswa sedang ribut, yang ngantuk kembali tegar dan hilang kantuknya. merangsang siswa untuk melatih dan mengembangkan daya pikir, daya ingat,mengembangkan keberanian dan keterampilan siswa dalam menjawab dan mengemukakan pendapat.
b. kekurangan metode tanya jawab
siswa merasa takut, apalagi guru kurang dapat mendorong siswa untuk berani, dengan menciptakan suasana yang tidak tegang, melainkan akrab. tidak mudah membuat pertanyaan yang sesuai dengan tingkat berpikir dan mudah dipahami siswa. waktu sering banyak terbuang, terutama ada beberapa siswa yang tidak dapat menjawab pertanyaan. dalam jumlah siswa yang banyak tidak memungkinkan untuk memberikan pertanyaan kepada setiap siswa.
10. Metode latihan
metode latihan di sebut juga metode training, merupakan suatu cara mengajar yang baik untuk menanamkan kebiasaan-kebiasaan tertentu. selain itu metode ini juga dapat digunakan untuk memperoleh suatu ketangkasan, ketepatan, kesempatan, dan keterampilan.
Sebagai suatu metode yang di akui banyak mempunyai kelebihan, juga tidak dapat menyangkal bahwa metode latihan mempunyai beberapa kelemahan.
a. kelebihan metode latihan
untuk memperoleh kecakapan motorik, seperti menulis, menghafal. untuk memperoleh kecakapan mental seperti dalam penghitungan, tanda-tanda (simbol),dan sebagainya. untuk memperoleh kecapan dalam bentuk asosiasi yang dibuat, seperti hubungan huruf-huruf dlm ejaan, Pembentukan kebiasaan, pemanfaatan kebiasaan-kebiasaan yang tidak memerlukan konsentrasi dlm pelaksanaannya, .
b.Kelemahan metode latihan.
Menghambat bakat dan inisiatif siswa, menimbulkan penyesuaian secara statis kepada lingkungan, latihan yang berulang-ulang merupakan hal yang menoton cepat membosankan, membentuk kebiasaan yg kaku krn bersifat otomatis, dapat menimbulkan verbalisme.
11. Metode Ceramah.
metode ceramah adalah metode yang boleh dikatakan metode tradisional, karena sejak dahulu metode ini telah digunakan sebagai alat komonikasi lisan antara guru dengan anak didik dlm proses belajar mengajar, cara mengajar dengan ceramah dapat jugak dikatakan sebagai teknik kuliah, merupakan suatu cara mengajar yang digunakan untuk menyampaikan keterangan atau informasi atau uraian tentang suatu pokok persoalan serta masalah secara lisan.
a. kelebihan metode ceramah.
guru mudah menguasai kelas, mudah mengorganisasikan tempat dudu/kelas,dapat diikuti oleh jumlah siswa yang besar, mudah mempersiapkan dan melaksanakannya, guru mudah menerangkan pelajaran dengan baik.
b. kelemahan metode ceramah.
mudah menjadi verbalisme (pengertian kata-kata), yg visual menjadi rugi,yg auditif(mendengar) yang besar menerimanya. bila selalu digunakan dan terlalu lama, membosankan, guru menyimpulkan bahwa siswa mengerti dan tertarik pada ceramahnya ini sukar sekali, menyebabkan siswa menjadi pasif
Sumber : Strategi belajar mengajar edisi revisi (Drs. Syaful Bahri jhamarah, M.Ag. Drs Aswan Zain) al-inayah.