Wednesday, July 17, 2019

Memahami Prinsip Prinsip Mengajar

Menanamkan pengetahuan dan kecakapan dengan cara yang tepat memerlukan pengesuasaan teori-teori.Sebagian dari teori itu dibicarakan do dalam didaktik umum. didaktik umum membicarakan teori mengajar pada umumnya. Teori itu mempunyai bagian-bagian yang prinsip.Prinsip-prinsip itu dibicarakan di sini sebagiannya. pembuat lesson plan (perencanaan pengajaran) harus menerapkan prinsip-prinsip tertentu dalam membuat lesson plan.

Seorang yang akan membuat lesson plan tidak cukup hanya mempunyai kemampuankemampuan membuat rumusan tujuan pengajaran. Ia jug harus menguasai bahan pengajaran . Bahkan rumusan tujuan itu sebenarnya diilhami antara lain oleh pengajaran.
oleh karena itu, guru harus menguasai bahan pengajaran. Bahan pengajaran yang harus dikuasai setidak-tidaknya adalah bahan pengajaran untuk tingkat/jenis sekolah yang akan menggunakan lesson plan agama islam untuk SMP atau MTs sebagaimana tertuang dalam kurikulum agama Islam SMP Maupun MTs.
Lebih dari itu, sebaiknya guru juga harus menguasai sekadarnya isi kurikulum Agama Islam SD dan SMA maupun kurikulumAqidah AkhlakMI dan MA. Bahan pengajaean Agama Islam SMP itu harus diketahui sifat-sifatnya yang khas,bagian-bagiannyayang mudah dan sulit, bagian - bagian yang mungkin dapat di hubungkan dengan pengetahuan dan informasi lain. Sebaiknya guru mengetahui kunci-kunci yang ada di dalam ilmu tersebut. Pengetahuan yang ,endalam dan luas tentang bahan pengajaran yang akan di ajarkan amat diperlukan dalam memberikan kemampuan membuat lesson plan yang baik. pengetahuan yang luas dan dalam amat membantu pula dalam meningkatkanm mutu proses belajar mengajar.
Sesungguhnya mengajar mata pelajaran Aqidah bukanlah perbuatan yang sederhana, bila mengajar ingin menerapkan prinsip cepat dan tepat. Dalam hal ini menguasai materi, kesulitan akan muncul dari perkembangan ilmu tersebut.
guru kadang-kadang tidak mempunyai waktu luang untuk mengikuti perkembangan itu. karena itu, teori-teori baru kadang-kadang tidak di ketahui oleh guru.
Pada bidang studi agama Islam ataupun aqidah akhlak ke sulitan itu masih di tambah dengan sifat ilmu ini yang khas. Agama islam yang di ajarkan di sekolah adalah Agama Islam sebagai ilmu dan sebagai agama. Sifat sebagai agama ini jugak menimbulkan kesulitan dalam pengajaran agama islam.
Pertama, kesulitan dalam bidang teknologinya; kedua, kesulitan dalam bidang bertoleransi dalam dengan bebagai aliran agama yang dianut oleh anak didik kita. Barangkali tidak ada atau jarang ada orang tua murid yang protes guru, karena guru salah dalam mengajarkan matematika kepada anaknya tetapi seringkali terjadi orang tua protes guru agama atau aqidah, karena guru agama dianggap salah dalam mengajarkan agama pada anaknya.Apa sebabnya.? Agama selain merupakan pengetahuan jugak meeupakan keyakinan, anutan, dalam hidup. Tidak ada yang lebih sensitif pada manusia kecuali rasa agamanya.Masalah - masalah tersebut haruss dipertimbangkan dalam membuat lesson plan.
Jelaslah bahwa membuat lesson plan Agama Islam adalah sulit dan yang lebih sulit lagi ialah penyelenggaraan pengajaran. John Hull menyatakan bahwa pengajaran agama termasuk pekerjaan yang amat sulit. al-inayah