Sunday, April 8, 2018

PIDATO TENTANG ORANG MUNAFIQ

السلا م عليكم ورحمة الله وبراكة
الحمد لله الذ ي ارشدنا إلى طاعته  وزجرنا عن معصيته , واشهد ان لااله الا الله اقرارا بوحدانيته, واشهد ان محمدا رسول الله إعترافا بنبوته , والصلاة والسلام على من ارسله الله لارشاد العباد , وعلى اله وصحبه المهتدين إلى سبيل الرشاد.  أما بعد
Yang kami hormati para Alim Ulamak, Yang kami hormati para Ustad dan ustadhah,Yang kami hormati pejabat pemerintah terutama Bpk Bupati……… beserta ibu …….
Yang kami hormati kepala Desa ………Yang kami hormati seluruh jajaran pemerintah dari pusat dan daerah yang di rohmati Allah
Yang kami cintai para pembaca yang budiman, Yang kami hormati para pendengar yang budiman

HADIRIN YANG BERBAHAGIA  
Pertama dan yang paling utama marilah kita haturkan puja dan puji kepada zat yang maha agung yang mana pada kesempatan yang berbahagia ini kita bisa bersua kembali, berjumpa kembali , BERMUJALASAH, BERTATAPMUKA, BERTEMU dalam acara Pengajian pada hari ini
Kedua kalinya marilah kita bersholawat kepada baginda kita Nabi yang agung, Nabi yang bijaksana, Nabi yang tuturkatanya menyentuh semua hati yang mendengarnya Nabi yang mengangkis kita dari alam kebodohan dibawa kealam yang terang benderang yakni alam yang penuh dengan Ilmu agama seperti pertemuan ini.
Ketiga kalinya kami ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada protocol yang telah memberikan sedikit waktu kepada kami untuk menyampikan segelintir tausyiyah/ peringatan kepada kita bersama dengan thema TANDA-TANDA ORANG MUNAFIK.

HADIRIN YANG BERBAHAGIA
Dalam kehidupan manusia yang serba ada ini, di zaman kehidupan manusia yang serba canggih ini,dizaman kehidupan manusia gemerlap ini, dinamika kehidupan yang penuh dengan gonjang ganjing yang tak tentu arah sehingga menimbulkan kehancuran sebuah bangsa, orang –orang sudah tidak tau mana yang baik, mana yang kurang baik,mana yang buruk dan mana yang paling buruk.maka dari sinilah kita harus mencari referensi untuk mengetahui mana itu yang baik dan mana itu yang munafik, agama kita sudah menberikan garis lurus tanda-tanda dari semua itu, dalam sbuah hadist Nabi yang berbunyi:

أية المنافق ثلاثة : إذا حدث كذب , وإذا وعد أخلف ,واذا أئتمن خان . رواه الشيخان عن أبي هريرة.

Yang aartinya : Tanda-tanda orang munafiq itu ada tiga hal, yang pertama jika berkata ia dusta yang kedua jika ia berjanji membedai dan jika ia dipercaya dia berkhiyanat. ( diceritakan Oleh Imam Bukhori dan Muslim dari Abi Huroiroh)

Jadi agama sudah memberika lenear / garis kepada umat Islam siapa yang baik dan siapa yang munafik atau pendusta. Siapapun orangnya yang pejabat, ataupun yang melarat, yang alim ataupun yang bodoh, yang gemuk ataupun yang kurus semua itu tergantung kepada perkataan dan tingkaahlaku sehari-hari.
HADIRIN YANG BERBAHAGIA
Kalau kita ingin tau kejelasannya tingkah laku dari orang munafik itu , dalam Al-Quran Surat At-Taubah Ayat 67 Allah SWT berfirman:

المنافقون والمنافقات بعضهم من بعض يأمرون بالمنكر وينهون عن المعروف ويقبضون أيديهم نسوا الله فنسيهم  إن المنافقين هم الفاسقون.

Yan g artinya : Orang-orang munafik laki-laki dan perempuan. sebagian dengan sebagian yang lain adalah sama, mereka menyuruh membuat yang munkar dan melarang berbuat yang ma’ruf dan mereka menggenggamkan tangannya. Mereka telah lupa kepada Allah, maka Allah melupakan mereka. Sesungguhnya orang-orang munafik itu adalah orang-orang yang fasik“.

Sudah sangat jelas bagi kita kaum muslimin yang dirohmati Allah, jangan sampai kita pada saat ini tidak tau mana yang baik dan mana yang buruk , kita harus melihat mana pimpinam yang lurus dan mana pimpinan yang kurang lurus dengan melihat tanda yang ada pada mereka, dengan melihat tingkahlaku mereka, dengan melihat perkataan mereka dari awal mereka berbicara sampai mereka menjadi pemimpin bangsa kita tercinta ini.
HADIRIN YANG BERBAHAGIA
Apasih balasan bagi orang munafik ini Allah SWT telah memberikan informasi kepada kita agar kita tidak menjadi orang munafik sangat berat sekali balasan bagi orang munafik ini dalam firnNya Surat At-Taubat ayat 68 Allah SWT berfirman :

وعد الله المنافقين والمنافقات والكفار نار جهنم خالدين فيها هي حسبهم ولعنهم الله ولهم عذاب مقيم.
Artinya: “Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itu bagi mereka, dan Allah melaknati mereka, dan bagi mereka azab yang kekal“.

Kaum muslimin dan muslimat yang dirohmati Allah marilah kita berdoa kepada Allah agar kita di jauhkan dari sifat Munafik ini sehingga kita bisa terbebas dari Azab Allah SWT dan kita mendapatkan naungan syurganNya Aminnnnnn.
Sampai disinlah pertemuan kita kurang dan lebihnya mohon maaf

Wassalamu Alaikum Wr. Wb.