Tato adalah salah satu simbol yang dianggap tren bagi kawula muda, dan dan di akhir-akhir ini tato amat semarak dan popular, sebab tato sering di pamerkan bahkan sampai diperlombakan, bagaimana setatus tato menurut pandangan fiqih, mengingat cara pembuatannya ada yang ditaburi obat-obatan dan bercampur darah.
Baca: Hukum membeli lahan tanah kuburan
(catatan: dan jika tato tersebut wajib dibuang maka kenajisan tato tersebut tidak di ma’fu dan shalat yang dikerjakan tidak sah.
Di dalam kitab Fiqhul Ibadat Syafi’e Jus 1 halaman 230 Maktabah Syamilah disebutkan :
ومن النجاسة الوشم فيجب عليه نزعه إن أمن ضررا يبيح تيمم وإلا فلا هذا إن كان فعله بعد التكليف أما إن فعله قبل التكليف فلا يضر ولا تجب إزالته. اهـ
Di dalam kitab Ianatu al-thalibin Jus 1 halaman 108 Maktabah Dharul fikri disebutkan :
تتمة: تجب إزالة الوشم وهو غرز الجلد بالابرة إلى أن يدمي ثم يذر عليه نحو نيلة فيحضر لحمه هذا إن لم يخف محذورات التيمم في بابه أما إذا خاف فلا تلزمه مطلقا وقال البجيريمي إن فعله حال عدم التكليف كحالة الصغر والجنون لايجب عليه إزالته مطلقا وإن فعله حال التكليف فإن كان لحاجة لم تجب الازالة مطلقا وإلا فإن خاف من إزالته محذورات تيمم لم تجب وإلا وجبت ومتى وجبت عليه إزالته لايعفى عنها ولا تصح صلاته معه. اهـ
Baca : Macam-macam kafir dalam pandangan Islam
Dalam kitab Tarsyih al-Mustafiidin halaman 35 Maktabah Harmain di sebutkan:
وتجب إزالة الوشم لحمله نجاسة تعدى بحملها إذهو غرز الابرة إلى أن يدمي ثم يذر عليه نيل أوكحل أونحوهما فإن متنع أجبره الحاكم وجوبا كرد المغصوب ولاتصح صلاته قبل إزالته وينجس مالاقاه مع رطوبة وإنما يحرم وتجب إزالته بشروط: الاول أن تكون فيه منفعة فإن كان فيه منفعة ولم يقم غيره مقامه جاز, الثاني أن يكون من هو فيه تجب عليه الصلاة وإلا بأن كان نحو مجنون لم تجب إزالته حتى يفيق. الثالث أن يكون حيا فلا تجب إزالته عن ميت ,. الرابع إنما تجب إزالته إن لم يخف منها محذور من محذورات التيمم السابقة كبطءالبرء وإلا لم تجب إزالته وإن تعدى به فإن لم يتعدى به بأن فعل به مكرها أوفعله وهو غير مكلف لم تجب إزالته مطلقا عند م ر, وفي التحفة إن لم يخف حصول مشقة وإن لم تبح التيمم وحيث لم تجب إزالته يعفى عنه ولا ينجس ملاقيه. الخامس أن لايكتسي بجلد رقيق وإلا لم تجب إزالته على من يتعدى به لمنعه من مماسة النجاسة حينئذ.
1. Tato tidak mempunyai kemanfatan
2. Orang yang bertato terkena tuntutan kewajiban untuk menjalankan shalat dan apabila tidak berkewajiban shalat seperti orang yang bertato itu gila maka tidak wajib menghilangkan tato sehingga ia sadar kembali.
3. Orang yang bertato masih hidup, maka tidak wajib menghilangkan tato dari oarng yang sudah mati.
4. Hukum menghilangkan kewajiban tato itu berlaku selama tidak menimbulkan Madarat/ sakit yang memperbolehkan bertayamum . seperti lambatnya kesembuhannya. Sebalikny, jika tidak dikhawatirkan , maka wajib untuk dihilangkan. Namun jika pembuatan tato itu karena dipaksa, atau ia membuat tato ketika belum dewasa , maka tidak wajib untuk menghilangkannya secara mutlak menurut imam Ar-romli. Sedangkan menurut keterangan dalam kitab al-tuhfah apabila tidak takut menimbulkan masyaqoh sekalipun masyaqoh yang tidak memperbolehkan untuk bertayammum. Dan apabila tidak wajib menghilangkan tato, maka tato hukumnya di ma’fu (di maafkan) dan sesuatu yang mengenai tato hukumnya tidak najis.
5. Tato tersebut tidak tertutupi oleh kulit yang tipis. Dan apabila tertutupi maka tidak wajib untuk menghilangkan tato atas seseorang yang membuat tato dengan sengaja karena tato tidak akan terkena najis.
Demikian artikel ini kami tulis semoga bermanfaat dan menjadi pelajaran bagi kita bersama, apabila anda suka dengan artikel ini tolong share artikel ini agar brmanfaat untuk orang lain terimakasih,(al-inaya.)