Sunday, July 15, 2018

Ketiga, Murtad karena ucapan (Murtad Qouliyah)

Ini sangat banyak sehingga tdk terhitung jumlahnya, Diantaranya:


Baca : 4 Penyebab orang menjadi sombong

- Memanggil Seorang Muslim dengan kata-kata : "Hai orang kafir !!, "Hai orang yahudi !! , "Hai orang nasrani !! Hai orang tak beragama !! dengan tujuan tersebut.
- Menghina salah satu nama dari nama2 Alloh.
- Menghina janji dan ancaman Alloh atau Apa yang di-hubungkan kepada-Nya.
- Berkata : "Andaikan Alloh memerintahkan-ku, maka aku tidak akan mengerjakan-Nya.
- Berkata : "Jika arah kiblat dipindah kearah yg lain, maka Aku tidak mau shalat.
- Berkata : "Seandainya aku diberi syurga oleh Alloh, maka saya tak mau memasukinya,Semua diucapkan dengan tujuan merendahkan (مستخفا)
- Menampakan kedurhakaan secara keseluruhan. Seperti :
Berkata : "Jika Alloh menyiksa-ku karena meninggalkan sholat , padahal aku sedang sakit berarti Alloh menzholimi -ku.
Berkata ketika ada sesuatu peristiwa : "Ini bukan takdir Alloh".
Berkata : "Andai yg menjadi saksi itu para nabi, para malaikat, atau seluruh muslimin maka aku tak kan mau menerima mereka menjadi saksi.
Berkata : "Aku tidak mau melakukan ini, sekalipun itu sunah, (kata-kata menghina)
Berkata : " Seandainya si Fulan menjadi nabi, saya tak mau percaya kepada-nya,
Berkata : " Syareat yg mana ini?" .(Dia berkata : ketika ada seorang ulama memberikan Fatwa-Hukum dgn tujuan meremehkan.)
Berkata : "Laknat Alloh atas semua orang 'Alim. dgn ucapan ini berarti mengkaitkan keseluruhan salah satu nabi.
Berkata : " Saya melepaskan diri dari Allah ! "Saya bebas dari malaikat !, bebas dari nabi !, atau bebas dari syariat ! dan dari islam.
Berkata : "Ini bukan hukum syareat'' . (Berkata ketika ada satu hukum syara')
Berkata : "Saya tidak kenali hukum syara ini', dgn maksud menghina hukum Allah SWT.
- Berkata Sambil mengejek saat mengisi bejana dengan Ayat "(وكأسا دهاقا)" atau "(فكانت شرابا) " sambil menuang minuman, dgn tujuan menghina. Atau membaca Ayat (واذا كلوهم او وزنوهم يخسرون) ketika berada disisi timbangan atau takaran, (tujuan menghina). Atau Membaca Ayat (وحشرناهم فلم نغادر منهم احدا) Ketika ada rombongan lewat dgn tujuan menghina atau meremehkan Alqur'an.

- Membaca Ayat Alqur'an disebuah tempat dgn maksud menghina. Jika tidak, maka tidaklah kufur.
Namun menurut Syeikh Ahmad bin Hajar hal itu mendekati keharaman, demikian pula memaki para nabi dan malaikat,

- Dan berkata ,jika saya sholat maka saya akan menjadi penjual pelacur,
- Dan berkata sejak saya sholat tidak mendapat kebaikan.
- Dan berkata sholat itu sama sekali tidak pantas bagiku, dgn tujuan menghina sholat,meremehkan atau menganggap halalnya meninggalkan sholat atau merasa mendapat situasi buruk sebab sholat.
- Dan berkata kepada syarif (keturunan Nabi muhammad SAW), aku ini musuhmu,dan musuh kakekmu, dia bermaksud menghina nabi SAW.
- atau berkata selain dgn kata2 tersebut(mulai awal )tapi sama buruknya dgn kata2 diatas juga menjadikannya murtad,

Imam Syeikh Ahmad bin Hajar dalam kitab Al-I'lamu Biqowatihil islam, menghitung dan menerangkan banyak masalah murtad dan imam Qodi iyad juga demikian dalam kitab Assyifa, seyogyanya kita melihat dua kitab itu, siapa yang tak mengerti keburukan, tentu jatuh kedalamnya.

Nah itulah Penyebab orang murtad yang dianggap keluar dari agama islam jadi begitu banyak sekali sebab akibat kemurtadan itu. 
Semoga bermanfaat (al-Inaya)