Wednesday, June 6, 2018

AL-QUR'AN : Bukti orang Yahudi tidak Suka Kepada Malaikat Jibril Sebagai Pembawa Wahyu

Orang non Muslim(yahudi) sangat tidak suka kepada sang pembawa kebenaran yaitu malaikat Jibril,lihat ulasan dan keterangan ayat di bawah ini 

قُلْ مَنْ كَانَ عَدُوًّا لِجِبْرِيلَ فَإِنَّهُ نَزَّلَهُ عَلَى قَلْبِكَ بِإِذْنِ اللَّهِ مُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَهُدًى وَبُشْرَى لِلْمُؤْمِنِينَ (٩٧)مَنْ كَانَ عَدُوًّا لِلَّهِ وَمَلائِكَتِهِ وَرُسُلِهِ وَجِبْرِيلَ وَمِيكَالَ فَإِنَّ اللَّهَ عَدُوٌّ لِلْكَافِرِينَ (٩٨)
Katakanlah: "Barang siapa yang menjadi musuh Jibril, Maka Jibril itu telah menurunkannya (Al Quran) ke dalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman.(QS:al-Baqarah:97)

barang siapa yang menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril dan Mikail, Maka Sesungguhnya Allah adalah musuh orang-orang kafir. (QS:al-Baqarah:98)


Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa Abdullah bin Salam mendengar akan tibanya Rasulullah, disaat dia berada ditempat peristirahatannya, ia menghadap kepada Rasulullah SAW, dan berkata : “sesungguhnya saya akan bertanya kepada tuan tentang tiga hal,yang tidak akan mengetahui jawabnnya kecuali seorang Nabi, (1) apa tanda-tanda pertama hari qiyamat. (2) makanan apa pertama-tama yang dimakan ahli syurga, dan (3) mengapa si anak menyerupai bapaknya atau kadang-kadang menyerupai ibunya?” Jawaban Nabi Muhammad SAW : “ Baru Jibril memberitahukan ini kepadaku”. Kata Abdullah bin Salam :” Jibril?” Jawab Rasul : “ya” Kata Abdullah bin Salam : “ dia itu termasuk malaikat yang dimusuhi oleh orang yahudi” kemudian Nabi membacakan ayat ini (QS: al-Baqarah: 97) sebagai teguran kepada orang – orang yang memusuhi malaikat jibril.


Dalam suatau riwayat dikemukakan ada seorang yahudi datang kepada Nabi SAW, dan mereka berkata : hai Abal Qasim ! kami akan menanyakan kepada tuan lima hal. Apabila tua bisa menjawabnya tahulah kami bahwa tua adalah seorang Nabi. “ selanjutnya dalam hadist itu menjelaskan, mereka bertanya : (1) apa yang diharamkan oleh Bani Isra’il atas dirinya, (2) tentang tanda-tanda kenabian (3) tentang petir dan suaranya (4) tentang bagaimana wanita melahirkan laki-laki dan juga wanita dan (5) siapa sebenarnya yang member khabar dari langit dan dalam akhir hadists itu dikatakan bahwa mereka berkata : “siapa sahabat tuan itu ? Nabi menjawabnya :”Jibril” . mereka berkata apakah Jibril yang bisa menurunkan perang ,pembunuhan dan siksaan  ? itu musuh kami. Jika tuan mengatakanmalaikat mikail yang menurunkan rahmat,tanaman – tanaman dan hujan tetnu lebih baik” maka turunlah ayat ini (QS:al-Baqarah:97) yang berkenaan dengan peristiwa tersebut.


Demikian penjelasan dan keterangan ayat di atas (QS:al-Baqarah :97-98) semoga dapat memberikan pandangan manfaat bagi kita umat islm.(al-Inaya)