Friday, June 1, 2018

Sedekah Sirri dalam Al Quran

Para pembaca yang budiman berimfaq memang berat dihati namun menyelamatkan untuk akhirat, kadang manusia kalau tidak terbiasa bising apabila ada orang yang mengajak bersedakah, bersedekah seakan menjadi momok yang paling menakutkan dikalangan manusia, sebagaimana anggapan orang pada saat sekarang ini sedekah akan membuat orang miskin,tidak punya uang dan lain sebagainya.
Gambar hanyalah Ilustrasi
Manusia ketika akan menghadapi sedekah hati terasa berat perasaan seakan tidak memperbolehkan,hati seakan tidak ridho dengan apa yang dilakukan yaitu sedekah entah kenapa mungkin karena uang adalah segalanya, solusi terbaik apabila ingin bersedekah sedekahlah dengan benda atau makanan, ya itu kalau uang bagi anda sangat berat. Pernah ada berita kami baca di media informasi bahwa gubenur DKI Jakarta membagikan gajinya kepada amil zakat didaerah Jakarta sebesar 75 juta itu merupakan angka yang sangat luar biasa,semoga amalnya diterima oleh Allah Aminnnn.

Orang yang sering bersedekah hatinya tidak akan bersedih hatinya akan tenang, ketenangan akan dia dapatkan, itu sebuah anugerah dari Allah SWT, dalam hal ini allah menjelaskan dalam Al-quran (QS:al-Baqarah:274):

الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ سِرًّا وَعَلانِيَةً فَلَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلا هُمْ يَحْزَنُونَ (٢٧٤)
274. orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, Maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.(QS:al-Baqoroh:274)

Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa turunnya ayat ini berkenaan dengan orang-orang yagn menginfaqkan kudanya untuk perang fi sabilillah.
Dala riwayat lainnya dikemukakan bahwa turunnya ayat ini berkenaan dengan Ali bin Abi Thalib yang mempunyai empat dirham. Ia mendermakan satu dirham pada malam hari, satu dirham pada siang hari, satu dirham secara diam-diam dan satu dirham lagi secara terang-terangan.

Dalam riwayat lain dijelaskan bahwa ayat ini turun berkenaan dengan Abdurrahman bin Auf dan Usman bin Affan yang menderma kepada “Aisyul Usrah” (Pasukan yang dibentuk dimusim paceklik), untuk perang Tabuk.

Jadi kesimpulan dari artikel ini, sedekah merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dunia lebih-lebih di akhirat, kegelisahan akan terobati dengan sedekah baik sedekah siang, malam, sedekah secara rahasia dan juga denga terang-terangan semuanya akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Semoga artikel ini dapat mencerahkan hati kita dan bermanfaaat.(al-Inaya)